Wednesday, November 2, 2011

Internet untuk masyarakat

Melalui tulisan ini, dan dengan sedikit pengetahuan yang saya miliki. Saya akan mencoba menjabarkan definisi "Internet" menurut saya.



Internet adalah suatu wadah (bisa dibilang, adalah sebagai "dunia kedua" setelah dunia nyata), yang dimana wadah ini dapat memberikan informasi, hiburan, pengetahuan, sesuai dengan si pengguna internet itu sendiri. Internet berisi berbagai macam konten, jadi yaa.. kita sebagai pengguna internet harus mengetahui dampak positif dan negatifnya untuk diri kita sendiri minimal. Internet sebagai sarana berbagi, disinilah cara berbagi yang paling sederhana, yang mudah, dan dapat menyebar secara cepat juga. Sekali lagi, internet itu banyak manfaatnya, namun tidak sedikit juga negatifnya ^^

Pengguna internet dikalangan masyarakat, ada beberapa bagian. Ada beberapa lapis, yaa (menurut saya) dapat dibagi menjadi :
  • Anak-anak
  • Remaja
  • Dewasa
Jika ditinjau dari segi keperluan dalam pemanfaatan teknologi internet saat ini, dapat dikelompokan menjadi :
  • Pendidikan
  • Pekerjaan
  • Pencari Hiburan
Penggunaan fasilitas internet yang saat ini sudah dapat dengan mudahnya dirasakan sebagian masyarakat, terutama untuk kaum berpendidikan dan para pelaku bisnis, harus juga memperhatikan unsur unsur "tata krama" dalam menjelajah dunia maya dengan disertai rasa tanggung jawab terhadap lingkungan (sosial) dan minimal terhadap diri sendiri.

Salah satu contoh upaya meminimalkan dampak negatif yang dapat terjadi pada penggunaan teknologi internet terhadap anak-anak adalah dengan cara Pengawasan oleh orang tua terhadap anak. Pembimbingan, penanaman rasa tanggung jawab, dan norma norma yang diberlakukan harus dibekali kepada si anak terlebih dahulu, agar mereka mengerti batasan batasan dan menimbulkan rasa keterbukaan terhadap pengawas, yang disini khususnya adalah orang tua/wali.

Dan salah satu pengembangan, pengenalan kepada masyarakat tentang Internet adalah melalui dengan dunia pendidikan, sarana pencari informasi, berbagi berita, dan jangkauan yang seolah tak terbatas.

0 comments:

Post a Comment